Akta Kelahiran

By Gunawan Sapto 07 Nov 2022, 21:02:49 WIB Pelayanan
Akta Kelahiran

Keterangan Gambar : Penerbitan Akta Kelahiran


Pencatatan Kelahiran :

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

  1. Surat Keterangan Kelahiran
  2. Fotokopi KTP-el dan KK orang tua
  3. Fotokopi Buku Nikah / Kutipan Akta Perkawinan orang tua / Bukti lainnya yang sah.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi dan menandatangani formulir permohonan serta menyerahkan persyaratan
  2. Pemohon menunggu proses verifikasi dan validasi terhadap formulir dan persyaratan
  3. Setelah dinyatakan lengkap, pemohon menandatangani register akta kelahiran
  4. Pemohon menunggu petugas perekaman data dalam basis data kependudukan
  5. Operator mengajukan approved TTE (Tanda Tangan Elektronik) ke Kepala Dinas
  6. Kepala Dinas memberikan TTE pada dokumen akta kelahiran setelah diverifikasi oleh Kasi/ Kabid
  7. Operator mencetak akta kelahiran
  8. Pemohon menerima dokumen akta kelahiran, sekaligus KK dan KIA (untuk kelahiran baru)

B. Layanan Daring (Online): Perorangan, PKS, Kolektif

  1. Pemohon mengakses aplikasi daring
  2. Memilih jenis layanan Akta Kelahiran
  3. Mengisi data sesuai petunjuk
  4. Mengupload file dokumen persyaratan, lalu kirim
  5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
  6. Pemohon menerima file elektronik dokumen (KK, Akta Kelahiran) melalui email untuk dicetak secara mandiri sedangkan KI/a diambil di Kecamatan
  7. Apabila pemohon menghendaki dokumen dicetakkan, maka dapat mengambil dokumen di Dinas / Desa

3.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

  • Kutipan Akta Kelahiran
  • Kutipan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA (bagi kelahiran dibawah satu tahun)

Penanganan Aduan, Saran dan Masukan :




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.