Akta Kematian

By Gunawan Sapto 26 Agu 2021, 10:48:49 WIB Pelayanan
Akta Kematian

Keterangan Gambar : Persyaratan Akta Kematian


Pencatatan Kematian

A.  Pengajuan Secara Non Kolektif :

  1. Surat keterangan kematian

  2. Fotokopi KTP dan KK yang meninggal

  3. Ketetapan ganti nama bila pernah ganti nama

  4. Penetapan pengadilan bagi   hilang atau tidak diketahui jenazahnya

  5. Surat keterangan dari kepolisian bagi kematian yang tidak jelas identitasnya

  6. Fotokopi KTP pelapor dan 2 ( dua ) orang saksi

  7. SPTJM Kebenaran Data Kematian apabila tidak ada di dalam database kependudukan

B.  Pengajuan Secara Kolektif :

  1. Daftar penduduk yang telah meninggal dengan melengkapi data : NIK, No. KK, Nama, Tanggal lahir, Tempat lahir, Tanggal meninggal, Tempat meninggal, Nama bapak dan ibu serta penyebab kematian

  2. Fotokopi KTP Pelapor dan 2 ( dua ) orang saksi

Sistem, Mekanisme  dan Prosedur

B. Layanan Luring ( Tatap Muka )

  1. Pemohon mengisi dan menandatangani formulir permohonan serta menyerahkan persyaratan

  2. Pemohon menunggu proses verifikasi dan validasi terhadap formulir dan persyaratan

  3. Setelah         dinyatakan         lengkap,         pemohon menandatangani register akta kematian

  4. Pemohon menunggu petugas perekaman data dalam basis data kependudukan

  5. Operator mengajukan approved TTE (Tanda Tangan Elektronik) ke Kepala Dinas

  6. Kepala Dinas memberikan TTE pada dokumen akta kematian setelah diverifikasi oleh Kasi/ Kabid

  7. Operator mencetak akta kelahiran

  8. Pemohon menerima dokumen akta kematian sekaligus KK dan KTP-el pasangan yang ditinggalkan

C. Layanan Daring (Online)

  1. Pemohon mengakses aplikasi daring

  2. Memilih jenis layanan Akta Kematian

  3. Mengisi data sesuai petunjuk

  4. Mengupload file dokumen persyaratan , lalu kirim

  5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan

  6. Pemohon menerima file elektronik dokumen (KK, Akta Kematian) melalui email untuk dicetak secara mandiri sedangkan KTP diambil di Kecamatan

  7. Apabila pemohon menghendaki dokumen dicetakkan , maka dapat mengambil dokumen di Dinas / desa




Write a comment

Ada 46 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Hasil Survey Pelayanan

* Survey dilakukan di kantor setelah pemohon mendapatkan pelayanan

Nilai IKM : NAN

Jumlah Responden : orang

ISI IKM ONLINE


Jejak Pendapat

Apakah konten Web ini membantu anda dalam memperoleh informasi tentang Dinas kami ?
  Sangat Membantu
  Cukup Membantu
  Kurang Membantu
  Tidak Membantu