Pembatalan Akta Pencatatan Sipil

By Gunawan Sapto 07 Nov 2022, 22:28:06 WIB Pelayanan
Pembatalan Akta Pencatatan Sipil

Keterangan Gambar : Pencatatan Pembatalan Akta Pencatatan Sipil


Pencatatan Pembatalan Akta Pencatatan Sipil

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

A. Penetapan Pengadilan

  1. Salinan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  2. Kutipan Akta Pencatatan Sipil yang dibatalkan
  3. Fotokopi KK

 

 

B. Contrarius Actus

  1. Kutipan Akta Pencatatan Sipil yang dibatalkan
  2. Fotokopi Dokumen Pendukung yang menguatkan pembatalan
  3. Fotokopi KK
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon mengisi dan menandatangani formulir permohonan serta menyerahkan persyaratan
  2. Pemohon menunggu proses verifikasi dan validasi terhadap formulir dan persyaratan
  3. Setelah dinyatakan lengkap, petugas melakukan pencatatan pinggir pada akta dan kutipan Akta Pencatatan Sipil
  4. Kepala Dinas menandatangani Catatan Pinggir Register Akta dan Catatan Pinggir Kutipan Akta Pencatatan Sipil
  5. Mencabut kutipan akta yang dibatalkan dari yang bersangkutan

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Catatan Pinggir dan Penarikan Akta Pencatatan Sipil

Penanganan Aduan, Saran dan Masukan :




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.