Kartu Keluarga

By Gunawan Sapto 07 Nov 2022, 18:46:23 WIB Pelayanan
Kartu Keluarga

Keterangan Gambar : Kartu Keluarga


Kartu Keluarga atau disingkat KK adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang nama, susunan, dan hubungan dalam keluarga serta identitas anggota keluarga.


1. Penerbitan Kartu Keluarga Baru Karena Membentuk Keluarga Baru

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Fotokopi buku nikah/kutipan akta perkawinan atau kutipan akta perceraian; dan
  2. SPTJM perkawinan/perceraian belum tercatat (F-1.05), jika tidak dapat melampirkan kutipan akta perkawinan atau perceraian.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi F-1.02;
  2. Pemohon menyerahkan fotokopi buku nikah/kutipan akta perkawinan, kutipan akta perceraian atau menyerahkan SPTJM perkawinan/perceraian belum tercatat yang ditandatangan kedua pihak apabila tidak memiliki buku nikah/akta perkawinan;
  3. Operator melakukan update data dalam basis data kependudukan dan memproses Kartu Keluarga baru;
  4. Pemohon menerima Kartu Keluarga baru

 

B. Layanan Daring (Online)

  1. Pemohon mengakses aplikasi daring
  2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
  3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
  4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
  5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
  6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri
  7. Apabila pemohon menghendaki KK dicetakkan, maka dapat mengambil KK di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Keluarga


2. Penerbitan Kartu Keluarga Baru Karena Penggantian Kepala Keluarga (Kematian Kepala Keluarga)

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Fotokopi akta kematian;
  2. Fotokopi KK lama

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Layanan Luring (Tatap Muka)
    1. Pemohon mengisi F.1.02;
    2. Pemohon melampirkan fotokopi akta kematian jika kepala keluarga meninggal;
    3. Melampirkan fotokopi KK lama;
    4. Pemohon menyerahkan surat pernyataan bersedia menjadi wali apabila seluruh anggota keluarga masih berusia di bawah 17 tahun, maka diperlukan kepala keluarga yang telah dewasa.
    5. Operator melakukan update data dalam basis data kependudukan dan memproses Kartu Keluarga baru
    6. Pemohon menerima Kartu Keluarga baru
  2. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Keluarga


3. Penerbitan Kartu Keluarga Baru Karena Pisah KK Dalam 1 (Satu) Alamat

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Fotokopi KK lama; dan
  2. Berumur sekurang-kurangnya 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP-el.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Layanan Luring (Tatap Muka)
    1. Pemohon mengisi F-1.02;
    2. Pemohon melampirkan fotokopi buku nikah atau akta perceraian (jika disebabkanpernikahan atau perceraian);
    3. Pemohon melampirkan KK lama;
    4. Operator melakukan update data dalam basis data kependudukan dan memproses Kartu Keluarga baru; dan
    5. Pemohon menerima Kartu Keluarga baru.
  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri.
    7. Apabila pemohon menghendaki KK dicetakkan, maka dapat mengambil KK di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING) 3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Keluarga

4. Penerbitan Kartu Keluarga Karena Perubahan Data

NO

KOMPONEN

URAIAN

 

1.

Persyaratan

  1. KK lama; dan
  2. Fotokopi surat keterangan/bukti perubahan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.

 

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Layanan Luring (Tatap Muka)
    1. Pemohon mengisi F-1.02;
    2. Pemohon melampirkan KK lama;
    3. Pemohon mengisi F-1.06 karena perubahan elemen data dalam KK;

 

 

 

  1. Pemohon melampirkan fotokopi bukti peristiwa kependudukan dan peristiwa penting;
  2. Pemohon melampirkan surat pernyataan pengasuhan dari orangtua jika pindah KK dan surat pernyataan bersedia menampung dari kepala keluarga KK yang ditumpangi khusus pindah datang bagi penduduk yang berusia kurang dari 17 tahun
  3. Operator melakukan update data dalam basis data kependudukan dan memproses Kartu Keluarga baru
  4. Pemohon menerima Kartu Keluarga baru

 

  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri
    7. Apabila pemohon menghendaki KK dicetakkan, maka dapat mengambil KK di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Keluarga


5. Penerbitan Kartu Keluarga Karena Hilang/Rusak

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Surat keterangan hilang dari kepolisian atau KK yang rusak;
  2. Fotokopi KTP-el; dan
  3. Fotokopi kartu izin tinggal tetap (untuk OA).

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Layanan Luring (Tatap Muka)
    1. Pemohon mengisi F-1.02; dan
    2. Pemohon menyerahkan dokumen KK yang rusak/surat keterangan kehilangan dari kepolisian kepada Dinas untuk digantikan dengan KK yang baru

 

  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri
    7. Apabila pemohon menghendaki KK dicetakkan, maka dapat mengambil KK di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Keluarga

 

6. Penanganan Aduan, Saran dan Masukan




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.