Bimbingan Teknis Petugas Registrasi Desa

By Gunawan Sapto 11 Jul 2022, 15:43:28 WIB Kegiatan
Bimbingan Teknis Petugas Registrasi Desa

Keterangan Gambar : Petugas Registrasi Desa Kecamatan Ngaringan foto bersama dengan para narasumber


Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan belum lama ini menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) bagi petugas registrasi desa se-Kabupaten Grobogan pada tanggal 6-7 Juli 2022 di Syariah Hotel Solo, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Acara bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM dan diikuti oleh 197 orang peserta yang terdiri dari petugas registrasi desa dan Kasi Pelayanan Umum dari 19 kecamatan. Dalam sambutannya Achmad Basuki menyampaikan bahwa maksud dari bimbingan teknis yang berlangsung selama 2 hari, dengan mengambil tema Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan tersebut dalam rangka mewujudkan layanan prima serta untuk meningkatkan kapasitas SDM petugas registrasi desa selaku operator Pos Pakde dalam melayani adminsitrasi kependudukan di desa.

Pada hari pertama bertindak selaku narasumber dalam bimbingan teknis tersebut adalah Srie Ismunarminingsih, S.Sos, MM selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk dengan materi Layanan Pendaftaran Penduduk. Kemudian dilanjukan dengan materi Kebijakan Teknis Pencatatan Sipil  yang disampaikan Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Sukiswanto, S.Sos, MA.

Untuk hari kedua disampaikan materi tentang Optimalisasi Pemanfaatan Data Kependudukan Menuju Satu Data yang disampaikan oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Agustiningsih Rahayu,  S.IP. Sementara untuk materi  terakhir disampaikan oleh Kabid PIAK  Machasin Nur Ubaidi, S.STP, M.Si yang mengusung tema Pos Pakde (G7i)