Bimtek Peningkatan Pelayanan Adminduk

By Gunawan Sapto 23 Mei 2022, 14:47:39 WIB Kegiatan
Bimtek Peningkatan Pelayanan Adminduk

Keterangan Gambar : Bimbingan Teknis Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Hotel Grand Bintang Karanganyar diikuti seluruh karyawan-karyawati Dispendukcapil


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Hotel Grand Bintang Karanganyar, Jum'at, 21 Mei 2022 yang diikuti oleh seluruh karyawan/ karyawati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini menghadirkan narasumber dari Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Dwi Agung Kurniawan, S. Kom selaku Kepala Seksi Bina Aparatur, serta Inspektur Kabupaten Grobogan, Moch. Susilo, SH.,MM.,CFrA.,CGCAE.,QRGP.

Dalam sambutannya, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S. Sos, MM menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan informasi bagi seluruh pegawai Dispendukcapil terkait penerbitan dokumen kependudukan. Harus ada satu pemahaman, baik terkait persyaratan, alur dan mekanisme pelayanan, penanganan pengaduan serta produk layanan yang diberikan kepada pemohon yang mengajukan layanan administrasi kependudukan. Sehingga masyarakat mendapatkan layanan yang terbaik untuk mewujudkan pelayanan prima sebagai sasaran dari reformasi birokrasi.

Sebagai narasumber pertama Dwi Agung Kurniawan menyampaikan materi tentang persyaratan dan tata cara pemberian identitas penduduk, perubahan elemen data kependudukan serta dokumen valid dan tidak valid. Dalam melakukan updating data, operator harus teliti dan melakukan verifikasi dengan seksama atas persyaratan perubahan data yang diajukan, sehingga dokumen kependudukan sebagai output dari layanan administrasi kependudukan yang diberikan kepada masyarakat menjadi valid.

Moch. Susilo sebagai narasumber kedua menyampaikan tentang pelayanan primasebagai salah satu keberhasilan Reformasi Birokrasi. Pelayanan Prima merupakan sasaran ke tiga dari kinerja Reformasi Birokrasi yang masuk ke program reformasi birokrasi periode ke tiga (Tahun 2020 - 2024). Target dari pelayanan prima adalah meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau) pada Pemerintah Daerah, yang ditunjukkan dengan indikator Indeks Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Dispendukcapil sebagai instansi pelayanan harus memberikan pelayanan dengan cepat, murah dan terbebas dari pungutan liar karena salah satu dampak pungli adalah menimbulkan ketidak percayaan kepada instansi pemerintah. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus selalu mengedepankan 5 S yaitu Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun, sehingga msyarakat sebagai pengguna layanan administrasi kependudukan merasakan dampak dari pelayanan prima, pelayanan yang membahagiakan masyarakat.