Dispendukcapil Grobogan Menyabet Penghargaan Pelayanan Publik 2020

By Gunawan Sapto 10 Mar 2021, 09:48:24 WIB Informasi
Dispendukcapil Grobogan Menyabet Penghargaan Pelayanan Publik 2020

Keterangan Gambar : Menteri PANRB Tjahjo Kumolo foto bersama dengan penerima Penghargaan Pelayanan Publik 2020 Lingkup Pemerintah Daerah (Foto: don/byu/HUMAS MENPANRB)


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyerahkan hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2020 di lingkup pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, yang dilaksanakan di The Ballroom Hotel Ritz-Carlton SCDB Jakarta, Selasa (09/03). Piagam penghargaan diserahkan kepada unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A (Pelayanan Prima) sebanyak 25 UPP, predikat A- (Sangat Baik) sebanyak 122 UPP, serta empat kepala daerah sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima.

Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa pelayanan publik yang prima menjadi kunci utama reformasi birokrasi untuk menggerakkan perekonomian daerah dan mempercepat investasi. Daerah diharapkan dapat terus membuat inovasi sesuai dengan karakteristik dan potensi daerahnya masing-masing.

Dalam ajang penghargaan pelayanan publik tahun 2020 tersebut, Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan meraih penghargaan dengan predikat Sangat Baik (A-) bersama dengan 121 Unit Pelayanan Publik kabupaten/kota lainnya diseluruh Indonesia. “Alhamdulillah, ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa dan membanggakan, mengingat untuk tahun 2019 yang lalu , Dispendukcapil Grobogan juga mendapat penghargaan yang sama dengan predikat Baik”, ujar Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM , Kepala Dispendukcapil saat ditemui di ruang kerjanya.

“Saya pribadi juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapaan terima kasih kepada seluruh jajaran karyawan dan karyawati Dispendukcapil atas dedikasi dan jerih payahnya selama ini, dan semoga kita dapat meningkatkan mutu dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat di Kabupaten Grobogan”, imbuh Basuki Mulyono,

Pelaksanaan evaluasi tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya. Evaluasi ditingkat pemerintah daerah tidak dilakukan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan pertimbangan agar dapat lebih fokus terhadap penanganan Covid-19. Pada pemerintah provinsi, evaluasi hanya dilakukan pada sistem administrasi manunggal satu atap (SAMSAT) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sedangkan pada pemerintah kabupaten dan kota, evaluasi hanya dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan DPMPTSP.

Pelaksanaan evaluasi pelayanan publik menekankan penilaian pada 6 (enam) aspek yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk dapat memberikan layanan yang prima. Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, ke 6 aspek tersebut adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik. (G7i)




View all comments

Write a comment

Hasil Survey Pelayanan

* Survey dilakukan di kantor setelah pemohon mendapatkan pelayanan

Nilai IKM : NAN

Jumlah Responden : orang

ISI IKM ONLINE


Jejak Pendapat

Apakah konten Web ini membantu anda dalam memperoleh informasi tentang Dinas kami ?
  Sangat Membantu
  Cukup Membantu
  Kurang Membantu
  Tidak Membantu