Dispendukcapil Jalin Kerjasama dengan Jasa Ekspedisi

By Gunawan Sapto 10 Nov 2022, 10:05:03 WIB Kegiatan
Dispendukcapil Jalin Kerjasama dengan Jasa Ekspedisi

Keterangan Gambar : Kepala Dispendukcail Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM bersama perwakilan jasa ekspedisi usai penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS)


(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan telah menjalin kerjasama dengan 4 jasa ekspedisi, yang ditandai dengan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan di Ruang Kerja Kepala Dispendukcapil (Rabu,9/11/2022).

Keempat jasa ekspedisi yang berkerjasama dengan Dispendukcapil adalah PT. Pos Indonesia Cabang Purwodadi, PT. JNE Purwodadi, PT. J&T Purwodadi dan PT. Tiki Purwodadi. Kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari inovasi yang dikembangankan oleh Dispendukcapil Grobogan yaitu Becak Pintar.

Seperti diketahui Becak Pintar merupakan akronim dari Begitu Dicetak, KTP KIA Diantar, yaitu inovasi pengantaran dokumen KTP-el dan KIA ke alamat pemohon melalui jasa ekspedisi. Pembayaran jasa pengiriman dilakukan menggunakan sistem COD yang dibayarkan pemohon ketika KTP-el dan KIA telah sampai ke alamat pemohon. Tujuan dari inovasi ini adalah memberi kemudahan bagi pemohon dalam pengurusan dokumen kependudukan khususnya KTP-el dan KIA mulai dari proses pengajuan, sampai dengan dokumen jadi yang bisa dilakukan dirumah pemohon.

Pemohon juga diberi kebebasan dalam memilih jasa ekspedisi yang diinginkan, adapun tarif sangat terjangkau yaitu PT. Pos Indoesia sebesar Rp. 9.000,- sedangkan JNE, J&T dan Tiki mematok tarif sebesar Rp.6.000,-. Bagi warga yang ingin mencoba inovasi Becak Pintar dapat mengakses di alamat https://becakpintar.dispendukcapil.grobogan.go.id ataupun bisa menguduh di playstore. (G7i)




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.