Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Waspada Virus Corona

By Admin 01 Nov 2020, 22:31:29 WIB Kegiatan
Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Waspada Virus Corona

Keterangan Gambar : Walaupun pelayanan secara langsung ditutup, Karyawan Dispendukcapil Kab.Grobogan tetap bekerja seperti biasa


Purwodadi, Dalam upaya ikut melakukan pencegahan dan mengatisipasi penyebaran Corona Virus Disease  (Covid 19) di Kabupaten Grobogan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) terhitung  hari ini Kamis 19 Maret s/d 2 April 2020 mendatang menunda pelayanan administrasi kependudukan secara langsung.

Plt. Kepala Dispdukcapil Kabupaten Grobogan Moch. Susilo, SH, MM meminta masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dapat melakukan permohonan administrasi kependudukan secara mandiri dari rumah.  Pelayanan administrasi kependudukan yang biasanya diberikan secara tatap muka, dihimbau untuk dapat dilakukan secara online yang dapat diakses di http://e-simpel.dispendukcapil.grobogan.go.id. 

Di laman tersebut, warga bisa melakukan berbagai macam pengurusan administrasi kependudukan, seperti akte kelahiran, akte kematian, KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, Pindah-Datang dan update data. “Khusus untuk perekaman KTP elektronik tetap ditunda karena ada kontak langsung dengan warga (foto, rekam sidik jari dan rekam iris mata) “, imbuh Moch Susilo.

Sementara untuk pelayanan legalisir dokumen, sesuai dengan pasal 19 ayat (6) Permendagri Nomor 104 Tahun 2020, bahwa dokumen kependudukan dengan format digital dan sudah ditandatangani secara elektronik dan KTP el tidak memerlukan pelayanan legalisir. (G7i)

 

Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Grobogan selama masa KLB Covid-19 sebagai berikut :

  1. Pelayanan Administrasi Kependudukan secara langsung (tatap muka) ditunda selama 2 minggu mulai tanggal 19 Maret s/d 2 April 2020.
  2. Pelayanan dapat dilakukan secara online melalui http://e-simpel.dispendukcapil.grobogan.go.idatau

Dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Mengisi form pendaftaran yang disediakan dan mengupload foto dokumen persyaratan.
  2. Pemohon juga dapat mengupload atau mengirim foto syarat - syarat dokumen kependudukan ke nomor whatsapp Notifikasi e-Simpel setelah mendaftar dan mendapatkan Nomor Register.
  3. Nomor Whatsapp notifikasi e-simpel hanya menerima file image berekstensi jpg, jpeg, atau png (tidak melayani telpon dan pertanyaan).
  4. Setelah Pemohon mendapatkan notifikasi bahwa dokumen telah JADI, Pemohon dapat mengambil dokumen kependudukan dengan membawa berkas persyaratan asli atau fotocopy sesuai dengan syarat yang dicantumkan.

Pelayanan legalisir untuk Kartu Keluarga (KK) dengan format belum digital (belum tanda tangan secara elektronik) dapat mengajukan permohonan pembaruan KK dalam format digital secara online di aplikasi web e-simpel atau aplikasi android Simpel Tenan yang dapat didownload di Playstore.




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.