Dispendukcapil Menyabet Penghargaan WBK

By Gunawan Sapto 13 Jan 2021, 13:48:08 WIB Kegiatan
Dispendukcapil Menyabet Penghargaan WBK

Keterangan Gambar : Penyerahan Piagam Penghargaan WBK dari Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM kepada Bupati Grobogan


Purwodadi, Di penghujung tahun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan (Dispendukcapil) berhasil meraih penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) atas upaya dalam menjadi unit kerja pelayanan dengan wilayah bebas korupsi.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada Senin, 21 Desember 2020, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia yang dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK dan WBBM 2020 digelar dengan perpaduan antara tatap muka langsung (offline) dan melalui daring (online). Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin hadir secara daring memberikan arahan pada para penerima predikat. Sementara Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyerahkan predikat secara langsung.

Penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas.

WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme. Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Surat Bupati Grobogan Nomor 069.3/2083/2020 tanggal 10 Juli 2020 mengusulkan 3 Unit Kerja layanan berpredikat menuju WBK/WBBM, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Grobogan (DPMPTSP), dan RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Selanjutnya, dari 3 OPD tersebut, usai dilakukan penilaian dan evaluasi, di tetapkan oleh Kemen PANRB bahwa Dispendukcapil Kabupaten Grobogan yang berhasil lolos dan mendapatkan predikat WBK di tingkat nasional. Penghargaan ini merupakan suatu capaian yang membanggakan bagi Pemkab Grobogan sebab dari tahun-tahun sebelumnya yang juga telah mengusulkan, namun baru pertama kali ini, diberi kepercayaan oleh Kemenpan-RB bahwa Dispendukcapil berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mencegah terjadinya praktik KKN.

Sementara itu saat penyerahan piagam penghargaan WBP dari Kemen PANRB oleh Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM di ruang kerjanya. Sri Sumarni, SH, MM menyampai ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Dispendukcapil atas kerja kerasnya hingga berhasil menyandang predikat WBK. “Prestasi ini sangat membanggakan saya , karena Dispendukcapil merupakan OPD yang pertama dan satu-satunya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan yang berhasil meraih penghargaan WBK”, imbuh Sri Sumarni. (G7i)




Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Hasil Survey Pelayanan

* Survey dilakukan di kantor setelah pemohon mendapatkan pelayanan

Nilai IKM : NAN

Jumlah Responden : orang

ISI IKM ONLINE


Jejak Pendapat

Apakah konten Web ini membantu anda dalam memperoleh informasi tentang Dinas kami ?
  Sangat Membantu
  Cukup Membantu
  Kurang Membantu
  Tidak Membantu