Dispendukcapil Raih Kembali ISO 9001:2015

By Gunawan Sapto 03 Okt 2022, 10:03:36 WIB Kegiatan
Dispendukcapil Raih Kembali ISO 9001:2015

Keterangan Gambar : Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, M.Si berserta jajarannya foto bersama Didik Budiyanto selaku auditor dari Quality Sistema certifications & Inspecttions PVT. LTD.


(Purwodadi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dinyatakan lolos dan berhak meraih kembali Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 versi 2015 setelah dilakukan audit eksternal oleh Didik Budiyanto (DBY) selaku auditor dari Quality Sistema certifications & Inspecttions PVT. LTD. (Kamis,29/09/2022)

Acara audit eksternal ISO 9001: 2015 yang berlangsung di Aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dibuka oleh Sekretaris Dinas, Arief Orbandhi yang juga merupakan Management Representative ISO 9001 : 2015, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, M.Si, yang menyatakan komitmen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam mewujudkan pelayanan prima. Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan upaya dinas dalam menjamin agar segala proses dan aktivitas serta produk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan kualitas yang ditetapkan.

Audit eksternal sendiri merupakan rangkaian akhir dari kegiatan Sertifikasi ISO 2001: 2015 yang diawali dengan pendampingan oleh surveillance pada bulan Juli dengan melakukan reviu dokumen serta closing temuan atas audit tahun lalu, dilanjutkan dengan evaluasi sasaran mutu dan pengelolaan risiko. Pada awal bulan September juga telah dilakukan audit internal dan rapat tinjauan manajemen mutu, sebagai evaluasi atas jalannya manajemen secara keseluruhan.

Dalam sambutannya, auditor menyampaikan bahwa audit eksternal tidak bertujuan untuk mencari kesalahan, namun sebagai monitoring, evaluasi serta diskusi untuk mewujudkan upaya perbaikan kedepannya. Fokus audit eksternal ini adalah pemeriksaan untuk memastikan kembali apakah pemenuhan persyaratan dokumen dan implementasinya telah sesuai dengan kriteria ISO 9001 : 2015. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan juga perlu melakukan verifikasi atas sistem manajemen mutu yang berkelanjutan serta review terhadap efektifitas tindakan pencegahan atas temuan ketidaksesuaian sebelumnya.

Secara umum dalam temuan audit eksternal ini, implementasi ISO 9001 yang telah dilakukan sudah jauh meningkat dan tidak menemukan adanya potensial major. Adapun saran perbaikan dari auditor meliputi pencatatan hasil audit internal agar memuat seluruh aspek yang telah ditetapkan yaitu Problem, Location, Objective, Reference), menjadwalkan pemeliharaan rutin untuk Genset serta melengkapi ruang server dengan alat pengukur suhu ruangan. Selebihnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dinyatakan lolos audit eksternal dan mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 versi 2015.




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.