Dispendukcapil Raih Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2022

By Gunawan Sapto 07 Des 2022, 12:32:07 WIB Informasi
Dispendukcapil Raih Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2022

Keterangan Gambar : Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyerahkan penghargaan kepada Gubernur DIY selaku Pembina Pelayan Publik terbaik


(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan kembali mengukir prestasi membanggakan, setelah berhasil meraih penghargaan dalam acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi tahun 2022 dari Kementerian PANRB, Selasa (06/12/2022).

Penghargaan yang diperoleh Dispendukcapil Kabupaten Grobogan adalah sebagai unit penyelenggaran  Pelayanan Publik tingkat Kabupaten/Kota dengan katagori Pelayanan Prima. Untuk tahun 2022 ini Dispendukcapil Kabupaten Grobogan bersama dengan Dukcapil dari 37 kabupaten/kota diseluruh Indonesia masuk dalam katagori pelayanan prima. Sementara untuk Top 3 diperoleh oleh Disdukcapil Kabupaten Badung, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Padang Pariaman.

Penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas yang didampingi Sekretariat Kementerian Rini Widyantini dan  Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.

Dalam acara berlangsung di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta tersebut juga diberikan penghargaan dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI), Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022, serta penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan dan pembina pelayanan publik terbaik. (G7i)

Penerima Penghargaan Pelayanan Publik 2022 :

A. Penghargaan Penyedia Sarana Prasarana Kelompok Rentan

  1. Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur
  2. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali
  3. Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Balikpapan

B. Penerima Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

  • Top 3 Tingkat Kementerian/Lembaga Umum
    1. Badan Pusat Statistik (BPS)
    2. Kementerian Komunikasi dan Informatika
    3. Kementerian Kelautan dan Perikanan 
  • Top 5 Kategori Kementerian/Lembaga Khusus
    1. Kejaksaan Negeri Tanjungpinang
    2. KPP Pratama Palangkaraya
    3. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta
    4. Kantor Pertanahan Pekanbaru
    5. Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin
  • Top 3 Pemerintah Provinsi
    • DPMPTSP
      1. Pemerintah Provinsi Jawa Barat
      2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
      3. Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta
    • Bapenda
      1. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
      2. Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta
      3. Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Top 3 Pemerintah Kabupaten/Kota
    • DPMPTSP
      1. Pemerintah Kota Pekanbaru
      2. Pemerintah Kota Palembang
      3. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
    • Disdukcapil
      1. Pemerintah Kabupaten Badung
      2. Pemerintah Kabupaten Bantul
      3. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman
  • Top 4 Pemerintah Daerah Wilayah Timur
    1. DPMPTSP Provinsi Maluku Utara
    2. Samsat Provinsi Papua Barat
    3. DPMPTSP Kabupaten Belu
    4. Disdukcapil Kota Jayapura

C. Pembina Pelayanan Publik Terbaik

  • Tingkat Kementerian/Lembaga
    1. Menteri Keuangan
    2. Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama
  • Tingkat Pemerintah Provinsi
    1. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta
    2. Gubernur Jawa Barat 
  • Tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota
    1. Wali Kota Surakarta
    2. Wali Kota Bandung



Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.