Ibu Bupati Sri Sumarni Mencoba Digital ID

By Gunawan Sapto 27 Jul 2022, 14:26:55 WIB Seputar Grobogan
Ibu Bupati Sri Sumarni Mencoba Digital ID

Keterangan Gambar : Ibu Bupati Sri Sumarni, SH, MM didampingi Kepala Dispendukcapil mencoba Digital ID (Identitas Kependudukan Digital)


(Purwodadi), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM melakukan sosialisasi sekaligus pemasangan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (Digital ID) di handphone jajaran pimpinan Pemerintah Kabupaten Grobogan diantaranya Ibu Bupati Sri Sumarni, SH, MM ,Wakil Bupati dr Bambang Pudjiyanto, M.Kes dan Sekretaris Daerah Dr. Ir. Moh. Sumarsono, M.Si pada hari Rabu, 27 Juli 2022.

Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital menjadi salah satu inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Saat ini aplikasi Digital ID sedang dalam masa ujicoba dan sosialisasi secara bertahap, dimulai dari pegawai Dispendukcapil Kabupaten/Kota, ASN, mahasiswa dan pelajar sebelum diterapkan pada masyarakat umum.

Untuk tampilan awal Digital ID di bagian atas terdapat foto, nama dan NIK pemilik akun, yang apabila diklik akan muncul data pemilik akun, mulai dari tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, hingga alamat. Sementara pada bagian tengah terdapat 9 menu yaitu Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, Histori Aktivitas, Ubah PIN/Kata Kunci, Lepas Perangkat, dan Keterangan.

Pada menu Dokumen dibagi menjadi dua menu, yaitu Kependudukan dan Lainnya, dalam menu Kependudukan terdapat file KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital. Sedangkan pada menu lainnya terdapat informasi history vaksin Covid-19, NPWP, informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional, serta Daftar Pemilih Tetap tahun 2024.

Dalam segi keamanan, aplikasi Identitas Kependudukan Digital dilengkapi dengan fitur pencegahan tanggap layar, sehingga meminimalkan penyalahgunaan informasi. Selain itu, kode QR yang tampilkan saat membagi informasi kepada orang lain hanya berlaku selama 90 detik dan selalu berubah-ubah sehingga lebih aman dan meminimalkan disalahgunakan. (G7i)