KTP Elektronik

By Gunawan Sapto 08 Nov 2022, 09:43:54 WIB Pelayanan
KTP Elektronik

Keterangan Gambar : Persyaratan penerbitan KTP Elektronik


Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang selanjutnya disingkat KTP el adalah Kartu Tanda Penduduk yang dilengkapi dengan chip yang merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.
1. Penerbitan KTP-el Baru Untuk WNI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Telah berusia 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin; dan
  2. Fotokopi KK.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi F-1.02;
  2. Pemohon melampirkan fotokopi KK;
  3. Pemohon melakukan perekaman KTP-el, selanjutnya menunggu proses penunggalan data dari data center (bagi yang belum melakukan perekaman);
  4. Operator mencetak KTP Elektronik; dan
  5. Pemohon menerima KTP Elektronik.

 

 

  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Tanda Penduduk
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohonmenunggu proses verifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima notifikasi status layanan
    7. Pemohon menyerahkan KTP-el lama dan menerima KTP-el baru di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

 

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

 

5.

Produk pelayanan

Kartu Tanda Penduduk Elektronik

 

2. Penerbitan KTP-el Baru karena Pindah, Perubahan Data, Rusak dan Hilang 
Untuk WNI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. SKP (jika terjadi pindah datang);
  2. KTP-el lama dan surat keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan Peristiwa Penting (jika terjadi perubahan data);
  3. KTP-el rusak (jika KTP-el rusak); dan
  4. Surat kehilangan dari kepolisisan (jika KTP-el hilang).

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi F-1.02;
  2. Pemohon melampirkan:
    1. SKP (jika permohonan karena pindah datang antar Kab/Kota/Provinsi);
    2. KTP-el dan fotokopi surat keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting (jika perubahan data);
    3. KTP-el rusak (jika KTP-el rusak); dan
    4. Surat kehilangan dari kepolisian (jika permohonan karena hilang).
  3. Operator menarik KTP-el lama (jika perubahan data).
  4. Operator menerbitkan KTP-el Baru.
  5. Operator mengirim KTP-el yang lama ke Dinas untuk dilakukan pemusnahan.

 

  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Tanda Penduduk
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohon menunggu prosesverifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima notifikasi status layanan
    7. Pemohon menyerahkan KTP-el lama dan menerima KTP-el baru di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING) 3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Tanda Penduduk Elektronik

3. Penerbitan KTP-el Baru Untuk OA

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Telah berusia 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin;
  2. Fotokopi KK;
  3. Fotokopi Dokumen Perjalanan; dan
  4. Fotokopi kartu izin tinggal tetap.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon OA mengisi F-1.02;
  2. Pemohon OA melampirkan fotokopi KK;
  3. Pemohon OA menunjukkan fotokopi Dokumen Perjalanan dan fotokopi KITAP;
  4. Pemohon melakukan perekaman KTP-el OA, selanjutnya menunggu proses penunggalan data dari data center (bagi yang belum melakukan perekaman);
  5. Operator mencetak KTP Elektronik
  6. Pemohon OA menerima KTP Elektronik

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

 

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

 

5.

Produk pelayanan

Kartu Tanda Penduduk Elektronik

 

 

4. Penerbitan KTP-el Baru karena Pindah, Perubahan Data, Rusak, Hilang dan Perpanjangan Untuk OA

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. SKP (jika pindah datang);
  2. KTP-el lama dan surat keterangan/bukti perubahan Kependudukan dan Peristiwa Penting (jika perubahan data);
  3. KTP-el lama (jika perpanjangan KTP-el);
  4. KTP-el rusak (jika KTP-el rusak); dan
  5. Surat kehilangan dari kepolisian (jika KTP-el hilang).

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon OA mengisi F-1.02;
  2. Pemohon OA melampirkan:
    1. SKP (jika permohonan karena pindah datang antar Kab/Kota/Provinsi);
    2. KTP-el dan fotokopi surat keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting (jika perubahan data);
    3. KTP-el rusak (jika KTP-el rusak);
    4. Surat kehilangan dari kepolisian (jika permohonan karena hilang); dan
    5. KTP-el lama (jika perpanjangan KTP-el).
  3. Operator menarik KTP-el lama (jika perubahan data).
  4. Operator menerbitkan KTP-el Baru.
  5. Operator mengirim KTP-el yang lama ke Dinas untuk dilakukan pemusnahan.

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

 

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

 

5.

Produk pelayanan

Kartu Tanda Penduduk Elektronik

 

5. Penanganan Aduan, Saran dan Masukan :




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.