Launching POS PAKDE dan ADM Desa

By Gunawan Sapto 08 Jun 2021, 15:17:25 WIB Kegiatan
Launching POS PAKDE dan ADM Desa

Keterangan Gambar : Launching POS PAKDE dan ADM Desa oleh Wakil Bupati Grobogan dr.Bambang Pujiyanto, M.Kes


(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan terus menciptakan terobosan dalam pelayanan administrasi kependudukan. Selasa (8/6/2021) Wakil Bupati Grobogan dr.Bambang Pujiyanto, M.Kes meluncurkan inovasi terbaru dari Dispendukcapil yaitu POS PAKDE dan ADM Desa.

Acara launching yang berlangsung di Gedung Reptoloka tersebut, dihadiri beberapa OPD dilingkungan Kabupaten Grobogan, antara lain Inspektorat, Bappeda, Dispermades, DPPKAD, Diskominfo dan 19 Kecamatan serta perwakilan desa baik secara langsung maupun virtual.

Dalam laporannya Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM menyatakan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa, atau disingkat POS PAKDE, merupakan unit pelayanan Adminduk yang ada di Desa/Kelurahan, yang merupakan inovasi baru yang dilaksanakan Dispendukcapil Kabupaten Grobogan. Harapannya dengan adanya POS PAKDE ini, semakin mendekatkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat.

“Saat ini jumlah desa/Kelurahan yang telah menyatakan kesiapan untuk membuka layanan POS PAKDE baru ada 178 Desa/Kelurahan dari 280 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan”, ujar Basuki Mulyono.  Untuk desa yang akan membuka layanan POS PAKDE  cukup menyediakan seperangkat komputer, scanner, printer, wifi/internet dan kertas HVS ukuran A4 80 gram, serta operator yang melayani pendaftaran.

Dengan adanya POS PAKDE diharapkan masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan,  namun  masih gaptek atau tidak bisa mendaftar secara online, cukup datang ke kantor desa dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan, tidak perlu lagi mengurus ke kantor Dispendukcapil atau Kecamatan. Nanti Operator Desa/Kelurahan akan men-scan persyaratan dan melakukan input data secara online melalui aplikasi. Kemudian setelah diproses oleh operator Dispendukcapil, maka operator desa dapat mendownload dokumen untuk dicetak dan diserahkan kepada pemohon.

Sementara ADM Desa, adalah mesin cetak dokumen kependudukan yang dapat dioperasionalkan secara mandiri oleh masyarakat di Desa/Kelurahan. ADM Desa ini dapat mencetak dokumen yang berbentuk kertas, seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Pernikahan dan Perceraian bagi Non Muslim dan Surat Pindah Keluar Daerah. Target ADM Desa ini adalah masyarakat yang tidak mempunyai printer sendiri atau belum familiar dengan file dokumen dalam bentuk PDF. Sehingga dengan adanya ADM Desa ini akan mempermudah masyarakat dalam mencetak dokumen kependudukan

Peluncuran POS PAKDE Dan ADM Desa ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati  Bambang Pujiyanto yang disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Teguh Harjokusumo. R, M.Si dan Kepala Dispendukcapil.  Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga mencoba mengoperasikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Desa, serta menyerahkan langsung dokumen kependudukan (KK) kepada pemohon.

Dalam sambutannya Bambang Pujiyanto, menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan adanya layanan POS PAKDE dan ADM Desa yang mendukung dari program 100 hari kerja Bupati-Wakil Bupati Grobogan periode 2021-2026. “Karena itu Saya mengajak bagi desa/kelurahan belum siap, untuk segera membuka layanan POS PAKDE dan mengganggarkan ADM Desa melalui APBDes”, imbuh wakil bupati.

Di Grobogan telah ada 8 desa yang telah menyediakan ADM Desa diantaranya Desa Jatilor Kecamatan Godong, Tambirejo Kecamatan Toroh, Banjarejo dan Tlogotirto Kecamatan Gabus,  Panimbo Kecamatan Kedungjati, Jenengan dan Kandangrejo Kecamatan Klambu, dan Dempel Kecamatan Karangrayung.

Dengan adanya layanan POS PAKDE dan ADM Desa ini Grobogan, akan meminimalisir praktek percaloan serta pungli dalam pengurusan dokumen kependudukan, sehingga pelayanan dokumen kependudukan menjadi mudah, cepat, dekat, dan gratis (G7i)




View all comments

Write a comment

Hasil Survey Pelayanan

* Survey dilakukan di kantor setelah pemohon mendapatkan pelayanan

Nilai IKM : NAN

Jumlah Responden : orang

ISI IKM ONLINE


Jejak Pendapat

Apakah konten Web ini membantu anda dalam memperoleh informasi tentang Dinas kami ?
  Sangat Membantu
  Cukup Membantu
  Kurang Membantu
  Tidak Membantu