Layanan KIA

By Gunawan Sapto 07 Nov 2022, 20:13:18 WIB Pelayanan
Layanan KIA

Keterangan Gambar : Kartu Identitas Anak ( KIA )


Kartu Identitas anak yang selanjutnya disingkat KIA adalah resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 (tujuh belas) tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota atau Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


1. Penerbitan KIA untuk Anak WNI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Baru
    1. Fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya;
    2. KK asli orang tua/wali; dan
    3. KTP-el asli kedua orang tua/wali.
    4. Foto Anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak 2 (dua) lembar untuk anak 5-17 tahun kurang 1 (satu) hari.

 

 

  1. KIA Hilang/Rusak
    1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian ; dan
    2. Melampirkan KIA Rusak (untuk KIA rusak)
  1. KIA Pindah Datang
    1. Melampirkan Surat Keterangan Pindah WNI atau SKPLN orang tuanya untuk anak WNI yang baru datang dari luar negeri

 

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi F-1.02. tidak perlu menyerahkan KK dan KTP-el orang tua, karena sudah mengisi F- 1.02;
  2. Pemohon melampirkan fotokopi Kutipan Akta Kelahiran;
  3. Operator memproses dan mencetak KIA; dan
  4. Pemohon menerima KIA.

 

  1. Layanan Daring (Online)
    1. Pemohon mengakses aplikasi daring
    2. Memilih jenis layanan Kartu Identitas Anak
    3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
    4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
    5. Pemohonmenunggu prosesverifikasi berkas permohonan
    6. Pemohon menerima notifikasi status layanan
    7. Pemohon mengambil KIA di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran.

 

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

 

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

 

5.

Produk pelayanan

Kartu Identitas Anak

 

2. Penerbitan KIA untuk Anak OA

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. KIA Baru
    1. Fotokopi paspor dan ITAP;
    2. KK asli orang tua/wali;
    3. KTP-el asli kedua orang tuanya/wali; dan
    4. Foto Anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar untuk anak 5-17 tahun kurang 1 (satu) hari.
  1. KIA Hilang/Rusak
    1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian; dan
    2. Melampirkan KIA Rusak (untuk KIA rusak).
  1. KIA Pindah Datang
    1. Melampirkan Surat Keterangan Pindah (SKP).

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon mengisi F-1.02. Pemohon tidak perlu menyerahkan KK dan KTP-el orang tua karenasudah mengisi F-1.02;
  2. Pemohon menyerahkan persyaratan;
  3. Operator Dinas memproses dan mencetak KIA;
  4. Pemohon menerima KIA
  5. Dinas memusnahkan KIA lama

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Kartu Identitas Anak

3. Penanganan Aduan, Saran dan Masukan :




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.