Pelatihan Aplikasi Komunikasi Antar Dinas Dukcapil

By Gunawan Sapto 10 Jun 2022, 14:06:04 WIB Kegiatan
Pelatihan Aplikasi Komunikasi Antar Dinas Dukcapil

Keterangan Gambar : Pelatihan Aplikasi Komunikasi Antar Dinas Dukcapil Provinsi dan Kab/Kota Se-Indonesia


(Purwodadi), Kepala Dispendukcapil Kab. Grobogan Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM beserta Kabid Dafduk, Subkoordinator bidang Dafduk, ADB dan Operator Bidang Dafduk mengikuti pelatihan Aplikasi Komunikasi Antar Dinas Dukcapil Provinsi dan Kab/Kota Se-Indonesia khususnya penerbitan SKPWNI dari daerah asal ke daerah tujuan secara online (Kamis/9/6/2022).

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia perihal aplikasi tersebut, untuk terwujudnya tertib Adminduk terutama bagi pengurusan pindah datang penduduk dari daerah tujuan dengan daerah asal di seluruh Indonesia.

Aplikasi Komunikasi tersebut merupakan bagian dari aplikasi E-Office Ditjen Dukcapil Kemendagri, yaitu suatu sistem berbasis web yang dikembangkan secara khusus untuk mempermudah pegawai dalam melakukan kegiatan perkantoran yang berbasiskan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi. Modul ini digunakan sebagai alat bantu dalam rangka proses komunikasi antar SKPD Dukcapil yang ada di daerah, sehingga pemprosesan data kependudukan, baik data masuk maupun data keluar dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat (G7i).