Pelatihan Pos Pakde dan ADM Desa

By Admin 25 Mei 2021, 22:36:47 WIB Informasi
Pelatihan Pos Pakde dan ADM Desa

Keterangan Gambar : Pelatihan Pos Pakde dan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Desa Bagi Operator Kecamatan-Dinas


(Purwodadi) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan menggelar  pelatihan bagi para operator kecamatan dan dinas pada tanggal 20-21 Mei 2021, di aula Dispendukcapil, Jl. dr. Sutomo No. 5 Purwodadi.

Pelatihan yang diselenggarakan kali ini ,mengusung tema Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (Pos Pakde) dan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Desa,  diikuti oleh para operator dinas dan operator dari 19 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan.

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM menyampaikan pelatihan ini sebagai pengenalan sekaligus pembekalan bagi para operator, mengingat operator kecamatan dan dinas sebagai ujung tombak pelayanan. “Pos Pakde dalam pelaksanan harus dipantau dan dikawal, jangan sampai Pos Pakde menjadi lahan baru bagi bagi calo-calo’, tegas Achmad Basuki.

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan yang berlangsung 2 hari tersebut adalah Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Srie Ismunarminingsih, S.Sos, MM dan Machasin Nur Ubaidi, S.STP, M.Si selaku Kabid PIAK.

Seperti diketahui Pos Pakde adalah salah satu inovasi dari Dispendukcapi Kabupaten Grobogan, yang merupakan layanan adminsitrasi kependudukan di tingkat desa. Dengan adanya Pos Pakde diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan adminduk, mendekatkan layanan kepada masyarakat, mencegah adanya pungutan liar dan calo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Sedangkan Anjungan Dukcapil Mandiri Desa (ADM Desa) merupakan mesin pencetak dokumen kependudukan yang dapat dioperasionalkan secara mandiri oleh masyarakat di desa/kelurahan. ADM Desa menjadi inovasi yang unik karena memang belum banyak Dispendukcapil Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerapkannya. ADM Desa diharapkan dapat mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang No Face, No Hand, dan No Money.

Inovasi Pos Pakde dan ADM Desa rencananya akan di lauching oleh Bupati Grobogan pada tanggal 8 Juni 2021. (G7i)




Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Hasil Survey Pelayanan

* Survey dilakukan di kantor setelah pemohon mendapatkan pelayanan

Nilai IKM : NAN

Jumlah Responden : orang

ISI IKM ONLINE


Jejak Pendapat

Apakah konten Web ini membantu anda dalam memperoleh informasi tentang Dinas kami ?
  Sangat Membantu
  Cukup Membantu
  Kurang Membantu
  Tidak Membantu


Video Terbaru

Lihat Semua Video