Pelayanan Adminduk untuk Para Penyandang Disabilitas

By Gunawan Sapto 18 Mei 2022, 09:22:02 WIB Kegiatan
Pelayanan Adminduk untuk Para Penyandang Disabilitas

Keterangan Gambar : Penyerahan secara simbolis KIA oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM kepada siswa SLB Negeri Grobogan, Desa Mojoagung Kecamatan Karangrayung


(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan melaksanakan kegiatan pendataan dan pelayanan administrasi kependudukan bagi siswa-siswi di SLB Negeri Grobogan, Desa Mojoagung Kecamatan Karangrayung (Selasa/17/05/2022).

Kegiatan ini merupakan wujud dari Gerakan Bersama Pelayanan Admiduk untuk Penyandang Disabilitas di wilayah Kabupaten Grobogan seperti yang telah dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil yang berkolaborasi dengan Kantor Staf Khusus Presiden dan Kemendikbudristek beberapa waktu yang lalu.

Gerakan ini merupakan gerakan untuk melakukan pendataan, perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan (biodata, KTP el dan KIA) bagi penyadang disabilitas guna membangun masyarakat yang inklusif di wilayah Kabupaten Grobogan khususnya dan seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Saat memantau pelaksanaan pendataan di SLB Negeri Grobogan sekaligus menyerahan secara simbolis KIA dan KTP el, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM menjelaskan pendataan penyandang disabilitas merupakan hak dasar yang berujung pada akses ke dalam semua layanan publik seperti layanan pendidikan, perbankan, bantuan sosial dan bantuan program insentif pemulihan ekonomi.

Di Kabupaten Grobogan , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan pendataan dan pelayanan adminduk untuk penyandang disabilitas di sejumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) antara lain SLB PGRI, SLB AB YPLB Danyang dan SLB C YPLB Danyang. (G7i)