Pencatatan Biodata WNI

By Gunawan Sapto 07 Nov 2022, 14:25:13 WIB Pelayanan

Keterangan Gambar : Pencatatan Biodata WNI


Pencatatan Biodata WNI

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Surat pengantar (asli) dari Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW);
  2. Fotokopi dokumen atau bukti Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;
  3. Fotokopi bukti pendidikan terakhir;
  4. Dokumen Perjalanan RI (bagi WNI yang datang dari Luar Negeri yang belum memiliki NIK)

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

A. Layanan Luring (Tatap Muka)

  1. Pemohon mengisi F.1.01;
  2. Pemohon menyerahkan surat pengantar RT dan RW (tidak diperlukan untuk anak yang baru lahir dengan orang tua yang sudah terdaftar dalam basis data kependudukan);
  3. Pemohon menyerahkan fotokopi dokumen atau bukti peristiwa kependudukan dan peristiwa penting (seperti paspor, surat keterangan lahir dari RS/ Puskesmas/ Klinik);
  4. Pemohon menyerahkan fotokopi bukti Pendidikan terakhir (ijazah);
  5. Apabila nomor 3 dan nomor 4 tidak dimiliki, maka Pemohon mengisi F.1.04 Surat Pernyataan Tidak Memiliki Dokumen Kependudukan;
  6. Pemohon menyerahkan surat pernyataan (asli) tidak keberatan dari pemilik rumah apabila menumpang KK, menyewa rumah, kontrak dan kost;
  7. Operator melakukan perekaman data dalam basis data kependudukan dan mencetak biodata penduduk apabila diminta pemohon dengan mengajukan approved TTE (Tanda Tangan elektronik) ke Kepala Dinas; dan
  8. Pemohon menerima Biodata Penduduk dan Kartu Keluarga.

B. Layanan Daring (Online)

  1. Pemohon mengakses aplikasi daring untuk penerbitan NIK bagi anak yang baru lahir dengan orang tua yang sudah terdaftar dalam basis data kependudukan;
  2. Memilih jenis layanan Kartu Keluarga
  3. Mengisi Data Sesuai Petunjuk
  4. Mengupload file dokumen persyaratan asli dan formulir yang disyaratkan, lalu kirim
  5. Pemohon menunggu proses verifikasi berkas permohonan
  6. Pemohon menerima File Elektronik Dokumen KK melalui email untuk dicetak secara mandiri
  7. Apabila pemohon menghendaki KK dicetakkan, maka dapat mengambil KK di kecamatan dengan menunjukkan bukti pendaftaran

3.

Jangka Waktu penyelesaian

1 (satu) Hari (LURING)

3 (tiga) Hari (DARING)

4.

Biaya/ Tarif

Rp. 0,- (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Biodata Penduduk dan Kartu Keluarga

Penanganan Aduan, Saran dan Masukan :




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.