Pendaftaran Online Via Aplikasi e-Simpel

By Admin 05 Agu 2020, 23:06:35 WIB Pelayanan
Pendaftaran Online Via Aplikasi e-Simpel

Keterangan Gambar : Aplikasi e-Simpel untuk pendaftaran online


Purwodadi, Sejak berebaknya pandemi Corona Virus Disease (Covid 19) di Indonesia, semua pelayanan publik mengalami imbasnya tak terkecuali Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan. Seperti ketahui terhitung sejak tanggal 19 Maret 2020 yang lalu,  Dispendukcapil Kabupaten Grobogan telah menerapkan pelayanan secara tidak langsung dan dialihkan melalui layanan online.

Guna mempermudah layanan online kepada masyarakat,  saat ini Dispendukcapil telah memiliki  sebuah Aplikasi Pendaftaran Online yang bernama e-Simpel.  Menurut Kabid PIAK, Machasin Nur Ubaidi, S,STP, M.Si,  “Aplikasi e-Simpel merupakan pengembangan dari aplikasi Simpel sebelumnya yang masih bersifat offline dan telah digunakan dibagian front office saat menginput mendaftar dari pemohon”.  Sebelum e-Simpel ada ,untuk pendaftaran online Dispendukcapil menggunakan Whatapps dan portal http://layanandukcapil.grobogan.go.id.  “Kami berusaha mendengarkan keluhan masyarakat yang kesulitan mendaftar menggunakan aplikasi sebelumya maupun memakai WA, jadi e-Simpel ini sekaligus sebagai jawaban atas keluhan tersebut dan aplikasi ini sangat mudah dan sederhana sesuai dengan nama e-Simpel”, imbuh Machasin.

Sesuai dengan himbauan dari Dirjend Adminduk Kementerian Dalam Negeri tentang Kepastian Penyelesaian Dokumen Hasil Layanan  Adminduk, Dispendukcapil Kabupaten Grobogan juga telah menyediakan fasiltas dimana masyarakat dapat memantau langsung proses permohonan mulai dari pendaftaran, proses sampai dokumen jadi. Pemohon dapat melihat di website https://dispendukcapil.grobogan.go.id pada menu Monitor Layanan ataupun melalui e-Simpel.(G7i)

Bagi masyarakat yang ini ingin mendaftar secara online dapat mengikuti tahap sebabai berikut :

  1. Buka browser masukan https://e-simpel.dispendukcapil.grobogan.go.id atau melalui website https://dispendukcapil.grobogan.go.id pilih menu Layanan Online.
  2. Klik Daftar
  3. Masukan Jenis layanan, NIK dan Nomer HP
  4. Upload foto dokumen persyaratan sesuai jenis layanannya. Ukuran foto maksimal 2 MB (jika lebih dari 2 MB foto tidak bisa terupload)
  5. Klik Simpan
  6. Jika berhasil akan muncul notifikasi pendaftaran berhasil dan muncul no register. Silahkan catat no register/screenshot
  7. Anda juga dapat mengirimkan foto persyaratan melalui WA notifikasi (082133080075), dengan mengetikkan Nomor Register di kolom keterangan foto
  8. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan memasukkan Nomor Register, kemudian klik CEK STATUS.
  9. Jika status permohonan SUDAH TERCETAK pemohon dapat mendownload atau mencetak Bukti Pendaftaran.
  10. Jika Status permohonan BELUM LENGKAP, silahkan dibaca di kolom keterangan perihal kekurangannya, kemudian upload lagi kekuranganya sesuai kolom keterangan
  11. Ketika permohonan anda diproses oleh operator kami, anda akan menerima WA apakah persyaratan anda lengkap atau masih kurang.

Jika Status permohonan SUDAH TERCETAK, pemohon dapat mengambil dokumen kependudukan sesuai Lokasi Pengambilan yang tertera di bukti pendaftaran




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.