Penilaian Pelayanan Publik Ombudsman RI

By Gunawan Sapto 09 Nov 2022, 09:10:28 WIB Kegiatan
Penilaian Pelayanan Publik Ombudsman RI

Keterangan Gambar : Salah satu anggota Tim Penilaiaan dari Ombudsman RI sedang mewawancarai pemohon terkait layanan adminduk yang diberikan Dispendukcapil Kab. Grobogan


Purwodadi), Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan kunjungan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam rangka Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Selasa,8/11/2022)

Diterima langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM, beserta jajarannya, Tim dari Ombudsman yang terdiri dari Tri Lindawati dan Fajar Wihananto selaku Asesor, serta Alfadi Pratama selaku Enumerator melakukan wawancara kepada 3 (tiga) orang responden dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan selaku penyelenggara pelayanan terkait kompetensi penyelenggara, standar pelayanan, persepsi maladministrasi serta pengelolaan pengaduan.

Kemudian dilakukan pula observasi lapangan atas ketersediaan dan kelayakan sarana prasarana pelayanan, sarana penunjang bagi kelompok rentan, serta kesigapan petugas. Evaluator juga melakukan wawancara langsung kepada pemohon yang berada di ruang pelayanan, untuk mengetahui sejauh mana respon masyarakat atas layanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan. Studi referensi secara elektronik juga dilakukan dengan mengakses website dinas dan media sosial meliputi Facebook, Instragram serta twitter yang dikelola oleh dinas.

Dengan adanya Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan mampu mempertahankan kualitas layanan administrasi kependudukan dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.