Program 1.000 Akte Kelahiran Bagi Desa-Desa

By Gunawan Sapto 28 Jan 2022, 08:32:11 WIB Kegiatan
Program 1.000 Akte Kelahiran Bagi Desa-Desa

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Grobogan, dr Bambang Pudjiyanto, M.Kes secara simbolis menyerahkan Akta Kelahiran kepada perwakilan warga saat acara Penyerahan Akta Kelahiran dalam Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan, Desa Jono Kecamatan Tawangharjo


(Purwodadi), Baru-baru ini Wakil Bupati Grobogan, dr Bambang Pudjiyanto, M.Kes secara simbolis menyerahkan Akta Kelahiran kepada perwakilan warga desa Jono dalam acara Penyerahan Akta Kelahiran dalam Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan, bertempat di Balai Desa Jono Kecamatan Tawangharjo.(27/01/2022)

Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan merupakan upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam peningkatan dan percepatan kepemilikan akta kelahiran, bekerjasama dengan Desa/ Kelurahan, sehingga warga desa tidak perlu melakukan pengajuan Akta Kelahirannya, karena seluruh data dukung telah dipenuhi oleh Perangkat Desa setempat.

Dalam sambutannya, Bambang Pudjiyanto menekankan tentang pentingnya gerakan sadar administrasi kependudukan sekalipun bagi warga desa, baik itu pencatatan peristiwa kependudukan maupun pemutakhiran data dan kepemilikan dokumen kependudukan, termasuk Akta Kelahiran. Dokumen kependudukan penting, karena dijadikan dasar untuk dapat mengakses layanan publik lain, sehingga warga tidak mengalami kendala yang sifatnya administratif dikemudian hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM dalam laporannya menyebutkan bahwa kepemilikan akta kelahiran penduduk Kabupaten Grobogan sampai dengan bulan Desember 2021 sebesar 42,47 %, atau masih ada 57,53% atau 875.341 penduduk belum memiliki akta kelahiran. Sehingga melalui program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan dapat meningkatkan kepemilikan akta kelahiran secara signifikan. 

Ayo dukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dengan melengkapi dokumen kependudukan untuk mewujudkan masyakarat Grobogan yang lebih sejahtera.