Program 1.000 Akte Kelahiran Bagi Desa-Desa

By Gunawan Sapto 28 Jan 2022, 08:32:11 WIB Kegiatan
Program 1.000 Akte Kelahiran Bagi Desa-Desa

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Grobogan, dr Bambang Pudjiyanto, M.Kes secara simbolis menyerahkan Akta Kelahiran kepada perwakilan warga saat acara Penyerahan Akta Kelahiran dalam Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan, Desa Jono Kecamatan Tawangharjo


(Purwodadi), Baru-baru ini Wakil Bupati Grobogan, dr Bambang Pudjiyanto, M.Kes secara simbolis menyerahkan Akta Kelahiran kepada perwakilan warga desa Jono dalam acara Penyerahan Akta Kelahiran dalam Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan, bertempat di Balai Desa Jono Kecamatan Tawangharjo.(27/01/2022)

Program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan merupakan upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam peningkatan dan percepatan kepemilikan akta kelahiran, bekerjasama dengan Desa/ Kelurahan, sehingga warga desa tidak perlu melakukan pengajuan Akta Kelahirannya, karena seluruh data dukung telah dipenuhi oleh Perangkat Desa setempat.

Dalam sambutannya, Bambang Pudjiyanto menekankan tentang pentingnya gerakan sadar administrasi kependudukan sekalipun bagi warga desa, baik itu pencatatan peristiwa kependudukan maupun pemutakhiran data dan kepemilikan dokumen kependudukan, termasuk Akta Kelahiran. Dokumen kependudukan penting, karena dijadikan dasar untuk dapat mengakses layanan publik lain, sehingga warga tidak mengalami kendala yang sifatnya administratif dikemudian hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM dalam laporannya menyebutkan bahwa kepemilikan akta kelahiran penduduk Kabupaten Grobogan sampai dengan bulan Desember 2021 sebesar 42,47 %, atau masih ada 57,53% atau 875.341 penduduk belum memiliki akta kelahiran. Sehingga melalui program 1.000 Akta Kelahiran di Desa/ Kelurahan dapat meningkatkan kepemilikan akta kelahiran secara signifikan. 

Ayo dukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dengan melengkapi dokumen kependudukan untuk mewujudkan masyakarat Grobogan yang lebih sejahtera.




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.