Publik Hearing Standar Pelayanan

By Gunawan Sapto 20 Apr 2022, 09:11:39 WIB Kegiatan
Publik Hearing Standar Pelayanan

Keterangan Gambar : Kadis Dispendukcapil memimpin langsung Public Hearing Penyusunan Standar Pelayanan Tahun 2022


(Purwodadi), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan memimpin langsung Public Hearing Penyusunan Standar Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan Tahun 2022 (Selasa, 19/4/2022). Standar Pelayanan tersebut disusun seiring dengan adanya Surat Dirjen Dukcapil Nomor 470/13287/Dukcapil perihal Jenis Layanan, Persyaratan dan Penjelasan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogobogan, acara Public Hearing dihadiri Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk. Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, serta perwakilan Sub Koordinator untuk masing-masing bidang dan Sekretariat. Adapun undangan yang hadir dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat, LSM dan perwakilan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Kabupaten Grobogan.

Dalam sambutannya, Kepala Dispendukcapil, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM menyatakan kegiatan Public Hearing merupakan komitmen Dispendukcapil dalam mewujudkan pelayanan yang partisipatif dengan melibatkan langsung berbagai unsur masyarakat dalam penyusunan Standar Pelayanan yang merupakan pedoman dalam pemberian layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Ekspos Standar Pelayanan dilakukan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Sub Koordinator Kematian, yang kemudian dibuka sesi tanya jawab dengan peserta yang hadir, termasuk pemberian saran dan masukan atas draf Standar Pelayanan yang terlah disusun.

Adapun beberapa masukan dari peserta yang hadir adalah terkait penambahan sarana prasarana pelayanan, diantaranya penambahan koleksi bahan baca, mainan edukatif di ruang bermain anak, serta layanan bagi disabilitas. Acara ditutup dengan penandatangan Berita Acara Kesepakatan Penyusunan Standar Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Tahun 2022