Rapat Teknis Persiapan Pelaksanaan SIAK Terpusat

By Gunawan Sapto 25 Jan 2022, 13:50:36 WIB Kegiatan
Rapat Teknis Persiapan Pelaksanaan SIAK Terpusat

Keterangan Gambar : Rapat Teknik Persiapan Pelaksanaan SIAK Terpusat


Purwodadi) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan, Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM (Kamis/24/03/2022) membuka resmi acara Rapat Teknis dalam rangka persiapan pelaksanaan SIAK Terpusat. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari pada 24-25 Maret 2022 berlangsung di Aula Dispendukcapil diikuti oleh semua operator baik yang ada di dinas maupun di kecamatan.

“Rapat Teknis ini sebagai bentuk pengenalan dan memberikan pengetahuan tentang SIAK terpusat kepada para operator, sehingga diharapkan operator telah siap saat SIAK terpusat telah diterapan pada bulan April nanti”, ujar Achmad Basuki.

Sementara itu Kabid PIAK Machasin Nur Ubaidi, S.STP, M.Si selaku narasumber menjelaskan untuk Dispendukcapil Kabupaten Grobogan dengan telah melakukan langkah-langkah persiapan SIAK terpusat diantara pembentukan tim, install proxy server, setting hak akses (user), insall dan konfigurasi komputer client. “Untuk proses migrasinya dijadwalkan pada tanggal 11 April 2022 mendatang”, imbuh Machasin.

Seperti diketahui sampai dengan tahun 2021 untuk kabupaten/kota yang telah menerapkan SIAK terpusat sebanyak 58 kabupaten, dan Dirjend Adminduk Kementerian Dalam Negeri pada 2022 menargetkan sebanyak 514 kabupaten/kota diseluruh Indonesia telah menerapkan SIAK terpusat menggatikan SIAK Terdistribusi yang selama ini dipakai.

Dengan diterapkannya SIAK Terpusat diharapkan pelayaan adminduk menjadi lebih baik, karena SIAK Terpusat memiliki keunggulan dibandingakan SIAK Terdistribusi diantaranya database menjadi satu, penerbitan NIK terintegrasi real time (meminimalisir biodata ganda), pindah datang terintegrasi langsung, TTE lebih cepat, data lebih valid dan aman. (G7i)




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.