Sosialisasi Pendataan Penduduk Nonpermanen dan Lauching SIAPA NONA

By Gunawan Sapto 26 Okt 2021, 08:21:54 WIB Kegiatan
Sosialisasi Pendataan Penduduk Nonpermanen dan Lauching SIAPA NONA

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Grobogan dr.Bambang Pujiyanto, M.Kes membuka resmi Sosialisasi Pendataan Penduduk Nonpermanen sekaligus peluncuran aplikasi SIAPA NONA (Sistem Informasi Pendataan Penduduk Nonpermanen).


(Purwodadi), Bertempat di aula Dispendukcapil, Wakil Bupati Grobogan dr.Bambang Pujiyanto, M.Kes membuka secara resmi Sosialisasi Pendataan Penduduk Nonpermanen sekaligus meluncurkan aplikasi SIAPA NONA atau Sistem Informasi Pendataan Penduduk Non permanen.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten I Setda , perwakilan Bappeda, BPPKAD, Satpol dan para Camat baik yang hadir secara luring maupun daring. Dalam sambutan, Bambang Pujiyanto menyampaikan bahwa sampai saat ini Kabupaten Grobogan belum memiliki data penduduk nonpermanen baik jumlah, persebaran dan mobilitasnya. “Saya menyambut baik dengan adanya pendataan ini, sehingga nantinya Dispendukcapil memiliki database penduduk nonpermanen yang lengkap dan akurat”. “Diperlukan kerjasama dan dukungan dari semua kalangan seperti RT/RW, petugas registrasi , pemilik kos, pondok pesantren dan perusahanan guna menyukseskan pendataan penduduk nonpermanen”, tegas wakil bupati.

Guna mendukung pendataan penduduk nonpermanen tersebut, Dispendukcapil juga telah menyediakan aplikasi berbasis web yang bernama SIAPA NONA, yang bisa diakses dilaman https://siapanona-grobogan.id.  Peluncuran SIAPA NONA ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Bambang Pujiyanto yang disaksikan oleh Drs.Teguh Harjokusumo. R, M.Si selaku Asisten Pemerintahan dan Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM.

Acara sosialisasi penduduk nonpermanen akan berlangsung dari tanggal 25 s.d 27 Oktober 2021 yang diikuti oleh para Kasi pelayanan umum, petugas registrasi desa, pemilik kos, pimpinan pondok pesantren dan perusahaan-perusahan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan.

Dalam Permendagri No. 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Nonpermanen dijelaskan bahwa penduduk nonpermanen adalah penduduk WNI yang bertempat tinggal diluar wilayah kabupaten/kota tempat tinggal tetapnya yang berbeda dengan alamat pada KTP-el yang dimilikinya, dan tidak berniat untuk pindah menetap.(G7i)




Sekilas Info

  • Pembatasan Pelayanan Langsung

    Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan secara langsung dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Pelayanan juga dibuka secara online melalui https://layanandukcapil.grobogan.go.id.

  • Cara Mendaftar Layanan Online

    TAHAPAN TATA CARA PENDAFTARAN E-SIMPEL
    1. Buka browser di HP / Komputer, masukkan alamat url https://.layanandukcapil.grobogan.go.id
    2. Klik Pendaftaran Baru jika belum punya akun;
    3. Jika sudah punya akun, klik Login;
    4. Klik tombol Tambah Pelaporan;
    5. Pilih Layanan;
    6. Isi teks yang diminta (NIK/No KK) lalu Upload file foto dokumen persyaratan;
    5. Setelah selesai, Kemudian klik Kirim;
    6. Setelah itu akan terkirim WA notifikasi Pendaftaran Berhasil dan muncul Nomor Register
    7. Pemohon dapat mengecek proses pendaftaran dengan melakukan login di aplikasi eSimpel;
    8. Jika status pendaftaran sudah dinyatakan Selesai Diproses, pemohon akan menerima email link pencetakan dokumen yang dikirim oleh aplikasi dari pusat;
    9. Dokumen juga dapat dicetak melalui ADM Desa di kantor desa/kelurahan setempat dengan memasukkan PIN yang terkirim lewat email;
    10. Jika email link dokumen tidak terkirim, dokumen dapat dicetak di kecamatan setempat;

  • Legalisir Dokumen Kependudukan

    Sesuai Permendagri 104 Tahun 2019, dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik (QR Code) dan KTP Elektronik tidak perlu dilegalisir.



Video Terbaru

Lihat Semua Video

Dokumentasi

Media Sosial

Ikuti kami di facebook, twitter, instagram dan youtube, dapatkan selalu informasi terbaru dari kami.